Pages

Wednesday, December 5, 2012

IOS5 VS ICE CREAM SANDWICH 4.0



Apple dan Google telah memperuncing dan memperlebar perang mereka di antara patform masing-masing. Perang dari dua vendor ini makin meruncing ketika mereka sama-sama meluncurkan operating system terbaru dalam kurun waktu yang hampir bersamaan. Apple menggeluarkan operating system terbaru iOS 5.1 tepat setelah Google mengeluarkan Android Ice Cream Sandwich 4.0.
iOS 5.1 mengunggulkan metode penyimpanan cloud secara langsung yang pertama kali diperkenalkan pada bulan Oktober 2011 dan mengantarkan iOS menjadi operating system terbaruyang mumpuni. Sedangkan untuk Android sendiri, metode penyimpanan cloud yang bernama Google Cloud sendiri telah diperkenalkan jauh-jauh hari sebelum kelahiran iCloud pada perangkat iPhone.
Di sisi lain, operating system terbaru Apple, iOS 5.1 telah menjadi kuat dari sebelumnya yang menaiki kesuksesan dari iPhone 4S yang menggantikan beberapa masalah dari iOS 5.0 yang memilki kekurangan, di antaranya daya tahan baterai yang tidak setangguh operating system terbarunya yang disebabkan oleh beberapa bug yang menyebabkan daya tahan baterai menjadi lemah dan hingga menyebabakan kualitas suara dalam melakukan panggilan menjadi buruk, dan untuk itulah iOS 5.1 diluncurkan.
Begitu pula dengan Android yang mengeluarkan versi 4.0 yang guna memperbaharui beberapa masalah pada beberapa OS yang lalu. Pada rubrik kali ini Paseban tertarik untuk melakukan perbandingan antar dua operating system terbaru yang masing masing terdiri dari iOS 5.1 dan Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Berikut perbandingan dua operating system terbaru ini:
Google Cloud vs iCloud
Kedua operating system terbaru ini dilengkapi dengan metode penyimpanan online. iCloud merupakan pendatang baru untuk daya penyimpanan online, sedangkan Google Cluod merupakan pemain lama untuk fasilitas daya penyimipanan online.
Pada penggunaan Cloud pada iOS, pengguna dimungkinkan untuk melakukan editing *file**, seperti menghapus *file, mengubah nama file langsung secara online melalui serveriCloud. Sedangkan pada Goole Cloud sendiri memungkinkan penggunanya menggunakan beberapa aplikasi berbeda sekaligus untuk menggunakan fitur dari Google Cloud seperti Google Music, Google Docs, Google+ dan lain sebagainya. Di sisi lain pada iOS 5.1, semua dikontrol oleh iCloud. Google Cloud menawarkan fleksibilitas penggunaan pelayanannya ketika iCloud memeberikan pelayanan yang simpel dan minimum.
Face Detection
Operating system terbaru iOS 5.1 sekarang menggunakan fitur Face Recognition, di mana kamera pada ponsel dapat mengidentifikasi wajah dan menyorotinya ketika sedang mengambil foto. Sebaliknya operating system terbaru Ice Cream Sandwich berjalan selangkah lebih jauh,dengan fitur Face Unlock yang memungkinkan pengguna untuk membuka kunci telepon hanya dengan menatap ke handset Android miliknya saja. Ini merupakan fitur keamanan yang sangat berguna dalam kasus di mana pengguna sibuk dengan tugas tugas yang lebih penting lainnya.
Pengalaman Web Browsing
Kemampuan browser pada operating system terbaru iOS 5.1 ini tidak nampak adanya peningkatan besar sejak kelahiran dari iOS. Bagaimanapun pada operating system terbaru Apple ini telah mengoptimalisasi konten internet ke dalam format HTML5. Sementara itubrowser pada Ice Cream Sandwich telah diadopsi oleh Opera Mini dan Opera Mobile yang yang diklaim merupakan browser mobile terbaik di dunia dengan kemamppuan kompresasi yang mumpuni dan bergam fitur yang melimpah yang dibawa oleh Opera Mini maupunOpera Mobile. Browser mobile ini mampu hingga membuka 16 tab halaman sekaligus untuk melakukan sinkronisasi dengan desktop maupun laptop dan bookmark pada Google Chrome. Selain itu, kemampuan browser ini mampu menyimpan halaman suatu halaman website.
Asisten Suara
Asisten suara pada operating system terbaru Apple yang bernama Siri memang tidak bisa diragukan lagi kemampuannya. Tindakan Android untuk merespon salah satu pengembangan terbaru dari operating system terbaru Apple ini tergolong cepat, namun masih belum bisa mengungguli kemampuan dari Siri. Anda bisa mengirimkan pesan singkat melalui asisten pribadi Siri tanpa harus melihat pada ponsel Anda. Android Ice Cream Sandwich harus sedikit berjalan mundur ketika Apple memberikan kemudahan dalam memberikan fitur dari operating system terbarunya.
Kemampuan Multitasking
Multitasking pada Android di tingkatkan pada tombol Recent Apps yang sangat berguna jika Anda ingin mematikan beberapa aplikasi lain yang berjalan ketika Anda sedang menjalankan aplikasi yang lainnya. Fitur ini menampilkan jajaran menu tentang aplikasi yang masih aktif dalam posisi vertikal yang sangat mudah untuk melakukan scrolling dan Anda bisa menutup aplikasi yang masih berjalan. Hal ini merupakan pendekatan yang lebih sederhana daripada seperti yang dibawakan oleh iPhone yang memaksa Anda untuk menekan tombol home yang terlihat ringkih jika ditekan sebanyak dua kali yang kemudian Anda harus menekan dan menahan ikon aplikasi tersebut untuk menutupnya.
Kesimpulan
Setelah dilakukan beberapa perbandingan di atas tadi, susah untuk menentukan siapa pemenang dari kedua operating system terbaru tersebut. Operating system terbaru Apple, iOS 5.1 mungkin lebih mudah digunakan oleh para pemula yang tidak menginginkan campur tangan dari aplikasi pihak ketiga. Namun sistem tertutup pada kedua operating system terbaru ini bisa Anda patahkan dengan menggunakan jailbreak atau untuk Android yang dinamakan rooting.
Sementara itu, operating system terbaru Ice Cream Sandwich dibuat secara default untuk para pengguna yang suka melakukan mooding pada sistem handset mereka dan bereksperimen dengan aplikasi dari pihak ketiga. Jadi, jika Anda menginginkan operating system terbaru yang mudah dalam penggunaannya, Anda bisa memilih iOS 5.1, dan untuk fleksibilitas dan kustomisasi sistem Anda bisa menggunakan Ice Cream Sandwich. [PY]

No comments:

Post a Comment