Pages

Wednesday, November 7, 2012

Pengertian Telematika


Pengertian telamatika
Telamtika berasal dari bahasa perancis “telematique” ya ng merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Teknologi informasi merujuk pada sarana prasarana, sistem dan metode untuk perolehan, pengiriman, penerimaan, pengolahan, penafsiran, penyimpanan, dan penggunaan data yang bermakna.
Fungsi telematika
1.       Penyampaian informasi, agar orang yang melakukan komunikasi menjadi lebih berpengetahuan dari sebelumnya, menambah kecerdasan, meningkatkan kesadaran dan wawasan.
2.       Sarana kontak sosial hidup bermasyarakat. Interaksi sosial menimbulkan keberasamaan, keakraban dan kesatuan yang akan melahirkan kerjasama.telematika menjembatani proses interaksi sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan.
Peran telematika
1.       Mengoptimalkan proses perkembangan. Telematika memberikan dukungan terhadap manjemen dan pelayanan kepada masyarakat berupa sarana telekomunikasi yang memudahkan masyarakat saling berinteraksi tanpa terhalang jarak, dan mudah pula untuk menyebarkan informasi dari satu daerah ke daerah lain.
2.       Meningkatkan pendapatan, dunia usaha bahkan negara dalam bentuk devisa hasil ekspor jasa dan produk industri telamatika.
3.       Pemersatu bangsa. Mampu menyatukan bangsa melalui pengembangan sistem informasi yang menghubungkan semua institusi area dengan cepat tanpa terhalang jarak daerah masing-masing.
Dampak penggunaan telematika
                Dampak yang akan muncul dalam penggunaan telematika baik secara langsung maupun tidak langsung, yaitu :
a.       Penghematan transportasi dan bahan bakar.
b.      Menghindarkan jam-jam yang tidak produktif menjadi lebih produktif.
c.       Mengembangkan konsep kegiatan tersebar secara merata keseluruh daerah.
d.      Menyuguhkan banyak pilihan sarana telekomunikasi.
http://www.hsirait.wordpress.com

No comments:

Post a Comment